Materi
Kuliah: Pembahasan tentang Komunikasi Elektronik dan Komunikasi Non-elektronik,
serta uraian lainya
Komunikasi merupakan faktor yang
penting dalam upaya mencapai tujuan suatu organisasi bisnis. Secara umum,
komunikasi dapat diartikan sebagai proses mengirimkan dan menyampaikan pesan
untuk mencapai pemahaman bersama. Komunikasi akan dikatakan efektif apabila
individu mencapai pemahaman bersama, merangsang pihak lain melakukan tindakan,
dan mendorong orang untuk berpikir dengan cara baru. Kemampuan untuk
berkomunikasi secara efektif akan menambah produktivitas, baik individu yang
bersangkutan maupun organisasinya, sehingga dapat mengantisipasi masalah,
membuat keputusan secara efektif, mengkoordinasikan arus kerja, mensupervisi
orang lain, mengembangkan hubungan serta dapat mempromosikan produk dan jasa
organisasi yang nantinya dapat menentukan keberhasilan seseorang, bukan hanya
dalam dunia organisasi bisnis tetapi dimanapun ia berada.
Menurut Lasswell, komunikasi terdiri
dari lima unsur yang merupakan jawaban dari pertanyaan yang diajukan itu, yaitu
komunikator
(siapa yang mengatakan?), pesan (mengatakan apa?), media (melalui saluran/channel/media apa?), komunikan (kepada siapa?), dan efek (dengan
dampak/efek apa?). Jadi, secara sederhana proses komunikasi adalah pihak
komunikator membentuk (encode) pesan dan menyampaikannya melalui suatu
saluran tertentu kepada pihak penerima yang menimbulkan efek tertentu.
Komunikasi jika dilihat dari segi
perantaranya dapat digolongkan menjadi dua bagian, yaitu:
- Komunikasi elektronik adalah komunikasi yang bukan hand-written atau percakapan face-to-face karena komunikasi terjadi melalui email, electronic bulletin, voice mail, fax, atau media komunikasi lainnya. Komunikasi elektronik tidak terbatas hanya pada komunikasi antara person-to-person tetapi juga person-to-system atau system-to-person.
- Komunikasi nonelektronik adalah komunikasi yang terjadi dengan bertatap muka langsung atau melalui media yang disalurkan tanpa melalui kabel atau menggunakan wireless tetapi melalui perantara orang.
Beberapa bentuk komunikasi elektronik yang sudah kita kenal
diantaranya adalah electronic mail (emai)l, short message service (sms), dan chatting.
1.
Electronic mail (email)
Email adalah pesan atau surat secara
elektronik, baik berupa teks maupun gabungan dengan gambar, yang dikirimkan
dari satu alamat ke alamat lain di jaringan internet. Sebuah alamat email yang mewakili banyak alamat email sekaligus disebut sebagai mailing list. Sebuah alamat email biasanya memiliki format semacam username@host.domain. Misalnya:
namasaya@yahoo.com.
Cara menulis email merefleksikan banyak hal,
diantaranya adalah status di tempat kerja, cara bekerja, tingkat stres, bahkan
kepribadian. Email, atau surat elektronik, merupakan cara berkomunikasi
yang sangat penting bagi para atasan. Sebaliknya, email juga dapat
disalahgunakan bila digunakan dengan cara yang salah. Berikut ini sepuluh dasar
kiat menggunakan email yang baik:
a. Email bukan satu-satunya cara
berkomunikasi
Email
sanggup mengirimkan pesan ke seluruh
dunia hanya dengan mengklik mouse. Tetapi email juga dapat
menyesatkan para atasan untuk berpikir bahwa mereka dapat mengatur pegawainya
hanya melalui email. Jadi, email harus digunakan secara bijaksana tetapi tidak sampai mengatur
perusahaan melalui email.
b. Meuliskan email secara pendek dan dengan kata-kata
yang baik
Sebaiknya
kita menghindari menulis email yang sangat panjang. Melihat email yang panjang biasanya membuat
orang malas membacanya, sehingga bisa saja baru dibaca pada sore atau bahkan
keesokan harinya.
c. Menulis
isi email dengan jelas
Maksud
yang ingin disampaikan harus diungkapkan dengan jelas. Hal yang diprioritaskan
dan hal yang harus dikerjakan dapat lebih diperjelas. Menyertakan tombol
jawaban agar mengetahui bahwa email sudah dibaca dan dimengerti oleh
orang yang dituju.
d. Terbuka
terhadap pertanyaan
Mendukung
pegawai untuk mengajukan pertanyaan-pertanyaan untuk memperlihatkan bahwa kita
selalu terbuka bagi mereka.
e. Mengungkapkan
kemarahan melalui tatap muka langsung
Isi
email yang penuh amarah atau yang berisi kritikan dapat merupakan awal
dari keributan, maka email sebaiknya
dipersingkat agar tidak ada salah interpretasi pada yang
menerimanya. Mengendalikan pesan yang disampaikan dan perasaan pada waktu
menulis email. Dengan menelepon atau mendatangi langsung orang yang
bersangkutan, merupakan cara yang jauh lebih baik bila ada hal-hal yang tidak
memuaskan yang perlu dibicarakan.
f. Membatasi email humor
Wajah
yang tersenyum memperlihatkan bahwa kita sedang membaca sesuatu yang lucu.
Tetapi terlalu banyak tersenyum akan mengganggu pada waktu kita harus menulis email
yang serius. Beberapa perusahaan melarang mengirimkan email yang
berisi lelucon karena mengganggu waktu bekerja.
g. Lima menit
antara waktu menerima dan membalas email
Waktu
lima menit merupakan waktu yang wajar dalam menjawab email. Bila pada
saat akan menulis email kita sedang marah, sebaiknya ditunda dulu dengan
berdiri dari kursi kerja, berjalan di sekitar ruang kerja atau melakukan
sesuatu sebelum mulai menulis email kembali.
h. Mentukan
waktu untuk menjawab email setiap
hari
Bila
kita sibuk, sebaiknya mendelegasikan seseorang (sekretaris atau bawahan yang
lain) untuk menjawab email yang ada.
i. Belajar
menulis email yang baik
Harus
disadari bahwa tidak semua orang ataupun pegawai bisa bertemu muka dengan kita
secara teratur sehingga tidak dapat disalahkan bila mereka memberikan penilaian
tertentu terhadap cara kita menulis email. Oleh karena itu kita perlu
latihan menulis email yang baik.
j. Menggunakan
bahasa yang baik
Menghindari
kesalahan mengetik dan penggunaan kata-kata yang berantakan serta kata-kata
klise.
2.
Short message service (SMS)
SMS
merupakan pesan singkat berupa teks yang dikirim dan diterima antar sesama
pengguna handphone. Pada awalnya,
pesan ini digunakan antar telepon genggam, namun dengan berkembangan teknologi,
pesan tersebut bisa dilakukan melalui komputer ataupun telepon rumah. Dengan
SMS, pengguna handphone GSM dapat
mengirim dan menerima berita/message
singkat (biasanya sampai dengan 160 karakter). Text dapat berupa kata atau nomor atau kombinasi alphanumeric. SMS diciptakan sebagai
bagian dari standart GSM Phase 1. Short message pertama yang dikirimkan
adalah pada bulan Desember 1992 dari sebuah Personal
Computer (PC) ke sebuah handphone
pada network Vodafone GSM di Inggris.
Apabila short message ini dilakukan
dengan huruf latin, maka 160 karakter yang dapat dikirim, tetapi apabila
non-latin seperti huruf Arab atau Cina jumlah karakter adalah 70.
Cara
kerja SMS bisa dikatakan tidak terlalu sulit. Seluruh operator GSM network mempunyai message centre (MC) yang bertanggung jawab terhadap pengoperasian
atau manejemen dari beberapa berita yang ada. Bila seseorang mengirim berita
kepada orang lain dengan handphonenya,
maka berita ini harus melewati MC dari operator network tersebut dan MC ini dengan segera dapat menemukan si
penerima berita tersebut. MC ini menambah berita tersebut dengan tanggal, waktu
dan nomor dari si pengirim berita dan mengirim berita tersebut kepada si
penerima berita. Apabila handphone
penerima sedang tidak aktif, maka MC akan menyimpan berita tersebut dan akan
segera mengirimnya apabila handphone
penerima terhubung dengan network
atau aktif.
3.
Chatting
Chatting adalah percakapan interaktif antar
sesama pengguna komputer yang terhubung dalam suatu jaringan. Percakapan ini
bisa dilakukan dengan saling berinteraktif melalui teks, gambar maupun suara.
Berbagai aplikasi dapat digunakan untuk chatting
ini, baik melalui SMS, aplikasi messenger
seperti Yahoo! Messenger, MSN Messenger, mIRC, dll.
Bentuk Komunikasi Nonelektronik
Dewasa
ini perkembangan komunikasi nonelektronik di Indonesia mengalami penurunan,
terutama di kalangan anak muda. Hal ini disebabkan karena semakin menjamurnya
komunikasi elektronik seperti, sms, email,
atau chatting yang lebih menarik
dibandingkan dengan berbicara langsung, menulis surat, peasanan rutin ataupun
memo.
Best Live Dealer Casinos for 2021
BalasHapusTop Online Live Casinos & Live 스피드바카라 Dealer Games 토토 사이트 운영 ➤ 실시간 바카라 사이트 Top Casino Sites for 2021 ✓ Get 한게임 포커 클래식 the Best Live Dealers in NJ, PA 힘 숨찐 챌린지 & MI ✓ Play Live Casino Games